Tuesday, May 7, 2013

Pentingnya Bimbingan Orang Tua kepada Anak dalam Penggunaan Teknologi

Kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat memang sangat mempengaruhi kehidupan kita, bahkan perkembangan teknologi semakin mencakup seluruh aspek kehidupan. 7 tahun yang lalu mungkin HandPhone adalah barang mahal, namun sekarang tidak lagi, hampir setiap orang memiliki HandPhone bahkan anak Sekolah Dasar pun sudah memiliki HandPhone. 7 tahun lalu mungkin penggunaan Internet di HandPhone masih sangat minim, namun dengan adanya Smart Phone tingkat pengakses internet melalui mobile semakin tinggi.

Di Negara kita, pengguna sebagian besar pengguna Internet para remaja. Internet digunakan remaja untuk mengakses berbagai situs yang berhubungan dengan pendidikan, hobi atau minat mereka sampai situs-situs jejaring sosial. Berbagai jejaring social semakin berkembang dengan dukungan smartphone, penggunaannya menjadi semakin mudah dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, beberapa jejaring social yang terkenal seperti facebook, twitter, google+, dll. Messenger seperti  BlackBerry Messengger, WeChat, Line, dll. Hal itu membuat Interaksi sosial dan komunikasi yang biasanya dilakukan secara tatap muka, beralih pada pemanfaatan teknologi melalui jejaring social di dunia maya. Situasi ini menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan pada remaja, Sehingga menjadi kebiasaan remaja dalam berkomunikasi.

Beberapa dampak negative yang timbul akibat penyalahgunaan Internet pada remaja
  • Meningkatnya kasus penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah umur yang masih berstatus pelajar yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring social  di internet.
  • Menurunnya sifat social remaja di masyarakat karena lebih suka berkomunikasi menggunakan jejaring social, Bahkan tak jarang remaja sampai tidak mengenal tetangga di lingkungan rumahnya..
  • menurunnya moral remaja, anak menjadi berani pada orang tua, suka berkata-kata kasar dll. Hal tersebut merupakan akibat salah dalam bergaul di dunia maya, baik jejaring social maupun kecanduan permainan online.
  • Meningkatnya kasus pelecehan seksual di kalangan remaja dikarenakan penyalahgunaan Internet dengan membuka situs-situs berbau pornografi yang seharusnya tidak diperbolehkan.
  • Meningkatnya Kejahatan Dunia Maya (Cyber Crime), berupa pencurian maupun pengrusakan  data, penipuan, dll. Banyak diantara pelaku yang masih berstatus pelajar maupun mahasiswa.

Peran Orang Tua  sangatlah penting agar para generasi penerus bangsa tidak terkena dampak negative yang ditimbulkan kemajuan teknologi, sebaliknya dengan pengawasan orang tua maka kemajuan teknologi akan membantu para remaja untuk meningkatkan kreativitas dan meraih prestasi.  Beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua agar anak terhindar dari dampak negative perkembangan teknologi seperti :

  • memberikan batasan-batasan waktu dalam menggunakan handphone ,smartphone ,computer ,dll agar anak  tidak menghabiskan waktu dengan alat-alat tersebut, karena hal itu akan memberikan dampak tidak baik bagi perkembangan anak.
  • Mengajak anak untuk mengobrol santai dan memberikan arahan dan bimbingan, agar anak cenderung menggunakan internet dengan bijak dan tidak membuka situs-situs yang kurang bermanfaat.
  • Menanamkan nilai-nilai moral dan keagamaan, sehingga anak memiliki benteng yang melindunginya dari hal-hal yang negative.
  • Menanyakan kepada anak, apa saja yang telah dipelajari dari Internet. Serta sesekali mengecek history di browser tentang situs-situs yang biasa dikunjungi anak, dan bila perlu memasang software parental control baik di computer maupun smartphone.
  • Jika menemukan perubahan perilaku buruk pada anak maupun hal-hal tidak menyenangkan lainnya, jangan terburu panik dan memarahinya. Ajak untuk jalan-jalan dan berdiskusi agar orang tua lebih tau apa yang diinginkan anaknya, serta memberikan contoh yang baik bagi anak.
  • Dukung hobi anak jika menyangkut kegiatan-kegiatan positif seperti melukis, olahraga, berorganisasi dll, sehingga anak cenderung menghabisakan waktunya dengan hal-hal positif

Dengan contoh dan bimbingan baik yang diberikan orang tua dalam penggunaan teknologi. anak, terutama remaja yang masih memiliki rasa keingintahuan akan hal-hal baru, menjadi lebih kearah positif. Jangan sampai memberikan contoh buruk kepada anak dengan memarahi anak ketika melakukan sebuah kesalahan, selesaikan masalah dengan kepala dingin, ajak berdiskusi dengan menggunakan bahasa yang baik tanpa ada unsur menyalahkan atau memojokkan anak. 

Demikianlah pentingnya bimbingan orang tua terhadap anak dalam penggunaan Teknologi. Semoga dengan pengawan dan bimbingan dari orang tua, kemajuan teknologi yang semakin pesat akan memberikan dampak yang baik kepada generasi penerus bangsa.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment