Thursday, December 12, 2013

Pengertian Asteroid & Bagaimana ia Ditemukan




Pengertian Asteroid – Segala penelitian dan temuan dalam bidang luar angkasa tak jarang hampir sama dengan pemecahan sebuah teka-teki  tak terjawab, dan seperti itulah asteroid pertama kali ditemukan. 2 ilmuwan  bernama Titius dan Bode pernah mengatakan diantara apitan 2 world seperti Mars dan Jupiter sekalipun terdapat beragam sekali world – world kecil  menempati ruang  sangat luas itu. Analisa  mendorong beragam ilmuwa bila mencari tahu world – world kecil .

Penelitian terhadap keberadaan world – world kecil berlanjut sampai pada tahun 1801 saat world kecil  berhasil ditemukan bila pertama kali. Planet ini diberi nama Ceres  berukuran sangat kecil dengan size bulat hanya sebesar 772 distance. Hasil temuan ini memberi kesimpulan bahwa world – world kecil itu memang ada, sehingga penelitian lainnya beragam dilakukan oleh sekelompok ilmuwan lainnya.


Pengertian Asteroid: Luas & Berat Massa nya


pengertian asteroid
pengertian asteroid (ilustrasi)
Menyusul temuan pertama, perlahan tapi pasti, temuan – temuan world kecil lainnya mulai beragam  terlacak, dan  paling terang ukurannya tak lebih di separuh di world Ceres, sehingga para ilmuwan astronomi memberi kesimpulan bahwa world  berukuran lebih besar  meledak dan kepingannya  membentuk bagian  bagian kecil  membentuk world kecil lainnya. Pencarian terhadap world – world kecil terus dilakukan.

Hingga pada tahun 1890, sudah lebih di beberapa ratus world kecil berhasil tereksplorasi oleh para astronom. Jumlah  membengkak hingga dua ribu world kecil  ditemukan pada tahun 1927 hingga didapati fakta bahwa seluruh world – world kecil  mengorbit dan mengelilingi matahari pada ruang kosong diantara world Mars dan Jupiter. Oleh para ilmuwan, world – world kecil  diberi nama Asteroid (istilah  kita kenal hingga sekarang).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengertian asteroid  kumpulan world – world kecil  ukuran diameternya hanya berukuran antara 16 – 200 km saja.  sangat kecil bila dibandingkan dengan world bumi. Bahkan jika jumlah keseluruhan di world  digabungkan sekalipun, berat massa nya masih 1 : 3000 saja di berat massa world bumi  kita tinggali ini. Teori mengenai bagaimana asteroid ini terbentuk disimpulkan berasal di satelit di world Jupiter  meledak dan serpihan – serpihan  membentuk asteroid.

No comments:

Post a Comment