Thursday, December 12, 2013

Pengertian Hormon & Sekilas Tentang Hormon Manusia



Pengertian Hormon – Kita tentunya seringkali mendengar tentang kata ‘hormon’, baik dalam pelajaran biologi, maupun artikel kesehatan  kita baca. Apakah itu hormon? Pengertian hormon memang selalu berkaitan dengan kalenjar  terdapat dalam tubuh manusia. Hormon dihasilkan melalui kalenjar endokrin. Kata ‘endokrin’ sendiri berarti sekresi di dalam tubuh. Nama lainnya juga sering disebut dengan kalenjar buntu. Karena belum disekresikan (dikeluarkan) ke dalam saluran lain, tapi langsung ke dalam aliran darah. Hormon juga diproduksi oleh beberapa body tubuh seperti hati dan ginjal, tapi kebanyakan hormon diproduksi oleh kalenjar.

Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon


Setiap hormon  beragam jenisnya itu menghasilkan efek khusus bagi tubuh. Secara umum dapat dikatakan bahwa tugas / fungsi hormon  mengatur aktivitas di dalam tubuh, seperti pertumbuhan dan nutrisi, penyimpanan dan penggunaan makanan, dan proses reproduksi. Jika kalenjar memproduksi terlalu beragam atau kurang hormon, maka orang  dapat mempunyai penampilan fisik  belum regular.

Inilah beberapa kalenjar utama atau macam-macam hormon dan apa  dilakukan hormon di dalam tubuh kita:

pengertian hormon
Pengertian Hormon (img: hormonal.org)
Kalenjar Gondok / Tiroid – berada di leher, memproduksi hormon  membantu pertumbuhan, perkembangan dan proses metabolisme tubuh.

Kalenjar Pituitari – terletak di antara dasar tengkorak dan terdiri di 2 bagian, dan salah satu hormon  terdapat pada bagian ini bertugas memacu pertumbuhan.  pada bagian  satu lagi berfungsi menghasilkan 2 hormon lagi  berfungsi mengontrol pengendalian pemakaian air, lemak, tekanan darah, mengatur panas / suhu tubuh.

Kalenjar di Ginjal -  Terdapat 2 kalenjar for beginners  terletak pada ujung atas body ginjal. Kalenjar pertama memproduksi hormon  sering disebut andrenalin  berkaitan dengan tekanan darah john respon seseorang terhadap emosi dan keadaan mendesak. Orang  sering merasa ketakutan atau terlalu bersemangat cenderung menghasilkan hormon andrenalin  .

Sedangkan kalenjar lainnya di dalam tubuh memproduksi hormon  berhubungan dengan apakah seseorang menjadi anak laki-laki atau perempuan. Oleh karena itu, hormon bertanggung jawab terhadap fungsi tubuh dan kesehatan dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment