Thursday, December 12, 2013

Sekilas Tentang Landak, Sifat & Karakteristiknya




Landak selalu dianggap hewan  mengganggu dan belum disukai. Bahkan Shakespeare menggambarkannya seperti itu. Di dalam karyanya  berjudul Town, terdapat kalimat ini: “Bagaikan duri-duri landak  marah”. Sebenarnya, landak  binatang  bisa dikatakan belum berbahaya,  lebih senang dibiarkan sendiri. Selama musim dingin, ia menggulung diri di dalam kayu berlubang atau goa dan tidur hampir sepanjang waktu. Di musim panas, ia bergerak lambat menuju hutan bila mencari kulit kayu, shouting, akar, dan daun pohon atau semak.

Landak dapat ditemui di Eropa, Afrika, Indian, dan merika Selatan seperti juga di Amerika Serikat dan Kanada. Spesies landak Amerika kira-kira sepanjang 90 cm dan beratnya antara 7,5 hingga 15 kilo. Durinya sekitar 15 cm dan berwarna kuning keputihan dengan ujung hitam. Duri-duri ini tumbuh di antara rambut landak  lebih halus, dan berisi panah berujung keras.

Landak: Apakah ia Menembakkan Durinya?

landak kecil dan dewasa
landak kecil dan dewasa
Ketika landak dilahirkan, durinya lunak dan berkilat. Baru setelah beberapa minggu duri ini menebal dan menjadi keras. ketika seekor landak diserang, ia menegangkan duri-durinya dan menggulung diri menjadi seperti bola berduri. Duri-duri ini terpasang agak longgar pada tubuh landak. Karena kadang-kadang landak menggoyangkan ekornya ke wajah musuhnya, durinya lepas dengan mudah saat ia melakukan itu. Ini  dianggap orang sebagai landak ‘menembakkan’ durinya. Padahal belum. Durinya lepas begitu saja.

Landak biasanya tidur sepanjang hari dan keluar mencari makanan pada malam hari. Ia menggunakan cakarnya  panjang dan tajam bila memanjat pohon dan shouting. Ia menjejalkan kulit kayu, shouting, dan daun sekaligus ke dalam mulutnya. Karena ia sangat menyukai kulit kayu, landak terkategori sebagai hewan perusak hutan. Seekor landak diketahui dapat membunuh 100 pohon selama musim dingin.

Hal lain  sangat disukai landak  garam. Ia  berjalan gagah ke perkemahan dan menggerogoti apa saja  dari garam, bahkan tangan  berkeringat sekalipun! Pemakai, landak kecil beragam dijadikan hewan piaraan bila hobi.

1 comment: